June 19, 2017

author photo
Beda jaman dulu sama sekarang, begitu juga sama bulan puasa. banyak sekali perbedaan saat menjalani ibadah puasa jaman dulu sama sekarang. bukan syarat atau ketentuan puasanya yang beda melainkan orang yang menjalaninya. misalkan dulu dia sangat rajin ibadah tapi sekarang dia sangat jarang ibadah, atau sebaliknya.

Contoh diatas hanya kejadian yang umum terjadi, karena perbuatan manusia kadang suka berubah-ubah. tidak melulu si itu jahat dan si anu baik, pasti semuanya akan berubah dan akan berbeda setiap masanya. jadi, perbedaan itu pasti akan terjadi, tapi usahakan supaya berbeda kearah positif kearah yang lebih baik.

Menurut kalian emang bedanya puasa jaman dulu dengan sekarang itu apa? apakah kalau jaman dulu puasanya malam terus kalau pagi buka? pastinya enggaklah :v jadi apa dong? langsung aja deh baca, cekibrot :v

1. Dulu Suka Bangunin Orang Sahur, Sekarang Susah Dibangunin Sahur


Dulu Banyak Kegiatan, Sekarang Banyak Tidur

Udah pake alarm berkali-kali tapi kenapa ya masih susah bangun buat sahur. udah bangun tapi di snooze 10x. :v kenapa ya rasanya berat banget kalau mau sahur, beda sama dulu. kalau dulu pas sahur paling semangat karena bisa kumpul bareng teman-teman keliling kampung sambil pukul kentongan buat bangunin orang sahur. rasanya senang aja kalau teriak-teriak malam-malam tapi gak dimarahin orang wkwk :v tapi kalau sekarang? yang ada males, mendingan tidur daripada harus keliling bangunin orang sahur, bangunin diri sendiri aja susah :v

2. Dulu Banyak Kegiatan, Sekarang Banyak Tidur


Dulu Banyak Kegiatan, Sekarang Banyak Tidur

Dulumah puasa gak berasa laper karena banyak kegiatan. sekolah, habis sekolah madrasah, lanjut ngaji, terus maen bola sampe maghrib. jadi tahu-tahu sudah buka puasa aja :v kalau sekarangmah boro-boro mau maen bola, jalan bentar aja capek. :v habis sahur tidur sampe jam 10, bangun cek hp, hp bosen terus nonton tv, gonta-ganti channel gak ada yang seru lanjut tidur sampe maghrib. :v

3. Dulu Batal Karena Makanan, Sekarang Batal Karena Nafsu


Dulu Batal Karena Makanan, Sekarang Batal Karena Nafsu

Yakin puasa tahun ini gak ada yang batal karena lihat yang bening-bening? :v kalau dulumah enak, yang menggoda iman cuma makanan/minuman yang seger-seger, kalau sekarangmah jadi dobel lihat cewek seger dikit pikirannya udah kemana-mana apalagi sekelas ariel tatum wkwkwk :v kalau nahan lapar sama haus mah ane masih kuat, kalau lihat ariel tatum kayak gitu sumpah dah ane gak kuat :v

4. Dulu Ribet Buka Sama Apa, Sekarang Ribet Buka Sama Siapa


Dulu Ribet Buka Sama Apa, Sekarang Ribet Buka Sama Siapa

Dulu kalau puasa biasanya ribet nyari takjil atau makanan sama minuman buat buka puasa. kalau sekarangmah beda, sekarangmah ribet sama yang namanya bukber. si itu ngajak bukber si anu ngajak bukber jadi bingung mau ikut yang mana. padahal ane yakin kalau acara bukber itu yang paling utamanya bukan acara buka puasa bersamanya. ya paling acara foto-foto yang ditunggu-tunggu, biasalah nax abg jaman sekarang buat bahan upload di instagram sama facebook :v

5. Dulu Sibuk Ngisi Buku Ramadhan, Sekarang Sibuk Mainin HP


Dulu Sibuk Ngisi Buku Ramadhan, Sekarang Sibuk Mainin HP

Dasar anak jaman sekarang gak bisa jauh dari smartphone-nya, tiap jam menit detik selalu aktif di sosial media. padahal lagi shalat tarawih tapi sempat-sempatnya balas chat-an atau cuma baca status teman-temannya. kalau dulumah lagi sibuk-sibuknya ngisi buku kegiatan ramadhan tuh, alias nyontek sama temen :v sebenarnya buku kegiatan atau amaliah ramadhan juga jadi media buat nguji kejujuran, karena disana juga ada form shalat 5 waktu yang harus diisi. disitulah kejujuran kita diuji bray :v

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post