May 19, 2019

author photo
Sinetron Si Doel Anak Sekolahan merupakan sinetron yang menceritakan kehidupan Kasdullah atau Doel dan keluarganya. Sebuah keluarga betawi yang tetap mempertahankan adat dan budayanya ditengah-tengah arus modernisasi kota Jakarta.

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan terdiri dari 162 episode yang dibagi ke dalam 7 musim. Sinetron ini pertama kali ditayangkan di RCTI pada tahun 1994. Namun pada tahun 2000 sinetron Si Doel Anak Sekolahan dipindahkan ke Indosiar.

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang sangat populer pada saat itu, di pertengahan tahun 2018 akhirnya dibuatkan versi filmnya yang berjudul Si Doel The Movie. Dan kabarnya, Si Doel The Movie 2 juga akan tayang di bioskop pada tanggal 4 juni 2019.
Semua para pemainnya kebanyakan para pemain lama, namun sayang ada beberapa pemain yang tidak bisa ikut bermain film karena sudah tidak ada, seperti H. Benyamin Sueb (Babe Sabeni), Pak Tile (Engkong Ali), Basuki (Mas Karyo) dan masih ada yang lainnya.

1. Doel - Rano Karno

Doel - Rano Karno

Rano Karno merupakan sutradara sekaligus pemain Si Doel Anak Sekolahan, dia berperan sebagai Kasdullah atau si Doel, yang merupakan mahasiswa jurusan teknik yang bercita-cita ingin menjadi tukang insinyur.

Rano Karno lahir di Jakarta 8 Oktober 1960, dia merupakan anak dari seorang aktor terkenal Soekarno M. Noor. Rano Karno sudah bermain film sejak dia masih berumur 9 tahun lewat film Lewat Tengah Malam. Sudah banyak film yang dia bintangi hampir ada ratusan film.

Tidak hanya berkarir di dunia perfilman saja, dia juga sempat menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang tahun 2008-2011, Wakil Gubernur Banten tahun 2012-2014, dan Gubernur Banten tahun 2014-2017. Jadi ingat kata-katanya Babe Sabeni yang ngomong ke si Doel "Jangan jadi supir oplet aja lu, jadi dong gubernur!"

2. Sarah - Cornelia Agatha

Sarah - Cornelia Agatha

Di sinetron si Doel Anak Sekolahan, Cornelia Agatha berperan sebagai Sarah, dia diceritakan sebagai anak kota yang tidak sengaja mobilnya ditabarak opletnya si Doel, berawal dari sanalah cinta Sarah dan si Doel bersemi.
Aktris yang memiliki keturunan Manado dan Jawa itu lahir di Bogor, 11 Januari 1973. Dia bermain film sejak duduk di kelas 1 SMP lewat film Lupus yang diperkenalkan oleh Dono (Warkop DKI), Cornelia Agatha berperan sebagai Rini.


3. Zaenab - Maudy Koesnaedi

Zaenab - Maudy Koesnaedi

Maudy Koesnaedy memerankan tokoh Zaenab, seorang wanita cantik lugu teman kecilnya si Doel, dia sangat mencintai si Doel namun orang tua nya lebih memilih menjodohkan Zaenab dengan Ahong seorang pengusaha kaya.
Walaupun Maudy mengawali karirnya di industri hiburan lewat ajang pemilihan Abang None, sebenarnya dia merupakan anak keturunan sunda, Maudy lahir di Kuningan, Jawa Barat tanggal 8 April 1975. Yang saat ini dia sudah berumur 44 tahun, tapi masih kelihatan awet muda.

4. Mak Nyak - Aminah Cendrakasih

Mak Nyak - Aminah Cendrakasih

Mak Nyak atau Mpok Lela diperankan oleh Aminah Cendrakasih, Mak Nyak adalah istri dari Babe Sabeni (Benyamin Sueb) ibunya si Doel dan Atun (Suti Karno). Mak Nyak adalah sosok ibu dan istri yang penyabar bagi anak-anak dan suaminya.
Aminah Cendrakasih merupakan aktris senior yang sudah lama bermain film, hampir ratusan film beliau pernah bintangi. Ibunya Wolly Sutinah atau yang lebih dikenal dengan Mak Wok yang juga merupakan seorang aktris senior, menjadikan beliau sudah terbiasa berakting di depan kamera sejak kecil.
Saat ini Mak Nyak sedang menderita sakit glaukoma yang membuatnya kehilangan penglihatan dan hanya bisa terbaring di kasur. Semoga Mak Nyak diberi kesehatan dan diberikan panjang umur supaya bisa kembali menghibur di dunia perfilman.

5. Mandra - H. Mandra

Mandra - H. Mandra

Mandra merupakan paman dari si Doel dan Atun, adik dari Mak Nyak, dia menumpang hidup di keluarga si Doel. Dia merupakan sosok paling humoris, tingkah lakunya yang konyol membuat penonton selalu tertawa melihatnya, apalagi saat berdebat dengan Babe Sabeni kita bisa tertawa terpingkal-pingkal.
Mandra yang merupakan asli keturunan betawi, dia mengawali karirnya di dunia hiburan lewat lenong betawi pimpinan Haji Bokir. Dia sudah cukup banyak membintangi film maupun sinetron, Mandra terhitung sudah membintangi 13 film dan 14 sinetron.
Tidak hanya sukses menjadi seorang pemain film dan sinetron, Mandra juga pernah membuat rumah produksi sendiri yaitu Viandra Production yang memproduksi sinetron Jadi Pocong, Tarzan Betawi, Zoro Kemayoran, Gedong Kosong dll.

6. Atun - Suti Karno

Atun - Suti Karno

Suti Karno memerankan tokoh Zaitun atau Atun, dia adalah adik kandung dari si Doel. Atun diceritakan sangat mencintai Mas Karyo (Basuki) seorang pedagang kain batik sekaligus tetangganya. Kegiatan Atun sehari-hari yaitu membuka salon rambut dirumahnya yang di modali Engkong Ali (Pak Tile).
Selain di sinetron Si Doel Anak Sekolahan dia berperan sebagai Atun adik kandung dari si Doel, Suti Karno juga merupakan adik kandung asli dari si Doel atau Rano Karno. Saat ini umur Suti Karno yang sudah menginjak umur 53 tahun ternyata dia masih belum diberi jodoh.

7. Hans - Adam Jagwani

Hans - Adam Jagwani

Hans diperankan oleh Adam "Stardust" Jagwani yang diceritakan merupakan sahabat dekat si Doel dan sekaligus sepupu Sarah. Hans ini merupakan seorang yang baik hati, dia sering membantu keluarga si Doel saat mereka sedang kesusahan.
Setelah sinetron Si Doel Anak Sekolahan sudah tamat, memang nama Adam Jagwani tidak tersiar kabar lagi di industri hiburan. Namun setelah hampir 25 tahun dia vakum, akhirnya Adam kembali lagi ke industri hiburan lewat film Si Doel The Movie dan Si Doel The Movie 2.

This post have 0 komentar

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post