5 Perlombaan Agustusan yang "Mungkin" Bisa Dilakukan Secara Virtual

Seperti kita ketahui, sekarang ini sedang diberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) karena adanya peningkatan penyebaran virus corona beberapa minggu ini.

Dan kemungkinan acara perlombaan agustusan atau tujuh belasan tahun ini ditiadakan. Tidak seperti tahun lalu, yang masih diperbolehkan mengadakan perlombaan agustusan.

Seperti headline dari kompas.com Perlombaan Agustusan Dilarang di Depok, kecuali Virtual. Walaupun beritanya agak aneh, tapi kami akan mencoba mengerti apa yang dimaksud dari “Perlombaan Agustusan secara Virtual”.

Karena kita semua tahu, perlombaan agustusan pasti identik dengan panjat pinang, tarik tambang, atau balap karung. Nah, kalau kita pikir secara logika, tidak mungkin dong kita bisa panjat pinang via zoom.

Maka dari itu, apa sih maksud dari pemerintah untuk mengadakan perlombaan agustusan secara virtual?

1. Lomba Puisi

sumber: infopublik.id

Tentu saja lomba agustusan virtual yang paling mudah dilakukan adalah lomba puisi. Kenapa? Karena lomba puisi bisa dilakukan seperti sekolah online.

Tema puisinya tentu saja harus bertemakan semangat kemerdekaan dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

2. Lomba Menyanyi

sumber: youtube.com (Christa Ruby)

Lomba menyanyi pun menjadi opsi selanjutnya, karena mekanismenya mirip seperti perlombaan membaca puisi.

Karena acaranya lomba menyanyi tujuh belasan, jadi peserta harus menyanyikan lagu-lagu nasional atau lagu-lagu tentang kemerdekaan.

3. Lomba Menggambar

sumber: jawapos.com

Nah, kalau perlombaan yang ini, mungkin akan sedikit berbeda dari perlombaan diatas. Karena perlombaaan menggambar ini memakan banyak waktu.

Jadi, perlombaan menggambar ini harus diselingi acara lain saat peserta sedang menggambar, karena kalau tidak acaranya bisa menjadi membosankan.

4. Lomba Cerdas Cermat

sumber: tribunnews.com

Seperti lomba cerdas cermat yang biasanya, lomba ini harus berkelompok supaya lebih seru. Minimal ada tiga kelompok dan masing-masing beranggotakan tiga anggota.

Tentu saja, pertanyaan-pertanyaannya bertemakan kemerdekaan Indonesia atau sejarah bangsa Indonesia.

5. Lomba Makan Kerupuk

sumber: suara.com

Meskipun nampaknya terlihat kurang seru kalau dilakukan secara virtual, tapi masih bisa dimasukkan ke daftar perlombaan tujuh belasan virtual.

Koneksi internet pun menjadi kunci perlombaan ini, karena lomba ini menggunakan sistem cepat-cepatan. Kalau menggunakan koneksi internet yang lambat, perlombaannya tidak berjalan dengan baik dan susah untuk menentukan pemenangnya.